Inspektorat Kotawaringin Barat
 



BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ada hal yang menarik dalam sidang lanjutan empat Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dijadikan terdakwa terkait sengketa lahan Balai Benih Pertanian yang berlokasi di Jalan Padat Karya, Gang Rambutan Kelurahan Baru antara keluarga ahli waris Brata Ruswanda melawan Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) di Pengadilan Negeri (PN) Pangkalan Bun, Senin (13/11/2017).

Pasalnya saksi kedua yaitu Ervan Rasyid yang merupakan menantu dari almarhum Brata Ruswanda dan mantan pegawai Dinas Pertanian mengakui bahwa keempat terdakwa tidak pernah memanfaatkan lahan balai benih yang disengketakan tersebut untuk keuntungan pribadi.

Hal tersebut, terungkap saat ia ditanyai oleh Rahmadi G Lentam Penasehat Hukum (PH) keempat terdakwa. Saat itu Rahmadi menayakan apakah saksi mengetahui keempat terdakwa pernah menjual, menyewakan atau manfaatkan lahan yang disengketakan tersebut untuk keuntungan, saksi Ervan menjawab tidak.


Sebelumnya saat pemeriksaan saksi pertama yaitu Wiwiek Sudarsih yang merupakan anak dari alm. Brata Ruswanda mengatakan bahwa dirinya memiliki surat keterangan adat atas dasar kepemilikan tahun 1973. "Kemudian tanah tersebut, dipinjam pakaikan oleh Dinas Pertanian dan digunakan sebagai balai benih dari tahun 1973 hingga 1975," jelas Wiwiek.

Namun saat Rahmadi mencecar dengan pertanyaan apakah saksi mengetahui kapan tanggal persisnya, saksi Wiwiek mengaku tidak tahu secara persis. "Karena saya hanya mengetahui dari cerita almarhum bapak saya, mengenai berakhirnya surat pinjam pakai tersebut yaitu tahun 1975," jelasnya.

Dalam dua kali keterangan saksi, keempat terdakwa menyatakan bahwa mereka tidak mengetahui mengenai apa-apa yang disampaikan saksi. Dalam sidang dengan agenda pemeriksaan saksi ini terdapat empat saksi yang dihadirkan oleh JPU. Setelah dua saksi dihadirkan, sidang sementara diskors dan kemudian dilanjutkan sekitar pukul 14.00 WIB dihari yang sama. (WAHYU KRIDA/B-8)

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan, jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Top